Mengatasi Masalah Skin Barrier dengan SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Moisture Gel

 


SKIN BARRIER 

Saya mulai memperhatikan istilah ini beberapa bulan lalu.  Terutama, waktu lagi rajin-rajinnya pakai masker dan scrub wajah. Maksud hati, supaya kulit wajah kinclong, bebas sel kulit mati dan kotoran.
Lalu, salah seorang sahabat mengingatkan saya. 

“Mba, pakai masker dan scrubnya cukup sekali sepekan saja. Kalau kelewat sering, bisa over eksfoliasi (pengelupasan berlebihan).  Nanti bisa bikin masalah di skin barrier,” pesan seorang sahabat yang juga sangat peduli dengan urusan perawatan kulit wajah. 

Oh iya ya. 

Nah, saya pun bertanya-tanya, apa sih skin barrier itu? Kenapa kita penting untuk menjaga skin barrier?  Apa saja hal-hal yang bisa merusaknya? Bagaimana cara kita menjaga skin barrier supaya kulit wajah juga tetap sehat?

Saya mulai mencari tahu. 

Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang keras dan terikat bersama lipid (lemak).  Fungsi skin barrier adalah sebagai pelindung. 

Kulit wajah kita terdiri dari beberapa lapisan dengan fungsi masing-masing. Lapisan terluar kulit yaitu epidermis terdiri dari beberapa layer.  

Layer terluar epidermis disebut stratum corneum, terdiri dari lapisan sel tanduk yang keras terbentuk dari keratin. Di layer ini selain dijumpai keratin, juga ada lapisan pelembap alami yaitu lipid yang memiliki kandungan kolesterol, asam lemak, dan ceramide.  Lapisan ini sangat tipis, yang disebut sebagai skin barrier. 

Jadi, skin barrier kita ternyata selain mengandung keratin juga mengandung ceramide. 

Meskipun hanya berupa lapisan tipis di bagian terluar struktur kulit kita, namun fungsinya sangat vital sebagai pelindung.  Skin barrier membantu melindungi bagian dalam kulit dari masuknya kuman penyebab penyakit serta masuknya racun dari luar.  

Skin barrier juga menghalangi air menguap terlalu banyak.  Bila skin barrier rusak, kulit kita bisa beresiko dehidrasi karena mengeluarkan terlalu banyak air. 

Nah, penting banget kan fungsi skin barrier ini? Oleh sebab itu, kondisinya harus dijaga supaya kulit wajah kita tetap dalam kondisi optimal dan sehat. Cara menjaganya gimana?

AGAR SKIN BARRIER TERJAGA, GIMANA?


Kulit wajah yang skin barriernya rusak atau kurang terjaga biasanya bertekstur (alias kasar), berjerawat, kemerahan, atau bahkan kering.  

Nah, supaya skin barrier tetap terjaga, kita musti perhatikan nih hal-hal penting.  Ini dia hal-hal penting yang harus diperhatikan dan diupayakan:

  • Mengkondisikan kulit pada kondisi kelembapan yang cukup, tidak terlalu kering maupun terlalu lembap/basah 
  • Menghindarkan kulit wajah dari paparan sinar matahari 
  • Menghindarkan kulit wajah dari paparan penyebab alergi (allergen), penyebab iritasi (iritan) dan penyebab polusi (polutan) 
  • Menghindarkan kulit wajah dari senyawa kimia seperti detergen/surfaktan/SLS 
  • Mengurangi pengelupasan (eksfoliasi) yang berlebihan misalnya dari maskeran/scrubbing/dan treatment kecantikan lainnya 
  • Menghindarkan gangguan psikologis/ stress 
  • Menyadari faktor genetik/keturunan yang memicu masalah kulit/penyakit kulit 

Nah, poin nomor satu penting sekali, yaitu menjaga kelembapan kulit wajah.  Kondisi kulit wajah yang bersih dan lembap membuat skin barrier berfungsi optimal.  

Kita terkadang mengabaikan kelembapan kulit wajah kan? Mentang-mentang jenis kulit wajah berminyak, lalu sering abai menggunakan pelembap.  Padahal kulit berminyak juga butuh pelembap.  

Sekarang ini, ada produk pelembap wajah yang mengandung ceramide untuk mengatasi permasalahan skin barrier.  Seperti kita ketahui tadi, ceramide adalah salah satu zat yang terkandung dalam lapaisan pelindung (skin barrier) kita.  Adanya ceramide membuat skin barrier berfungsi optimal.  

Saya jadi tertarik deh mencoba produk pelembap wajah yang mengandung ceramide, supaya bisa memperbaiki kondisi skin barrier yang agak terganggu akibat keseringan pakai masker dan scrub wajah. Wajah yang terlalu sering maskeran dan scrubbing bisa jadi kering.  Saya lalu mencoba produk ini nih :  SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel.


SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel


Brand SKINTIFIC sangat asing sebelumnya buat saya.  Belum pernah dengar dan coba sama sekali.  Saya mulai mencari tahu terlebih dahulu nih. SKINTIFIC adalah brand skincare yang diracik berdasarkan scientific research dengan teknologi paten TTE (Triangle Trilogy Effect) , bekerja secara cepat, juga barrier safe (aman bagi skin barrier).


Jadi, memang konsentrasinya di skin barrier lho. Karena risetnya digunakan untuk membuat skincare yang aman ini, maka SKINTIFIC disebut sebagai Skincare powered by Science. Cocok lah.


SKINTIFIC bisa dibilang brand skincare anyar karena baru launching pada akhir Agustus 2021 dengan konsep Fast and Barrier Safe. Produk ini fokus untuk cepat memperbaiki masalah kulit dengan precise active ingredients namun tetap menjaga dan melindungi skin barrier dengan rich hydration formula seperti ceramide, centella, dan hyaluronic acid di setiap produknya. Produk ini telah terdaftar di Badan POM RI dengan nomor BPOM: NA11210100167.


Pelembap yang saya coba dan review adalah SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel, merupakan pelembap wajah yang menggabungkan 3 kandungan aktif Ceramide, Hyaluronic Acid, dan Centella Asiatica.   


Pelembap ini memang diformulasikan khusus untuk mengatasi permasalahan skin barrier yang rusak.  Misalnya untuk yang berjerawat, kemerahan, kulit bertekstur, dan juga kulit kering.  Produk ini melembapkan secara cepat dan aman untuk skin barrier. Jadi bisa juga digunakan pada kulit yang tidak bermasalah untuk menjaga kondisi skin barrier.


Pelembap SKINTIFIC ini diperkaya dengan teknologi 5X Ceramide, yang merupakan gabungan 5 jenis Ceramide untuk melembabkan secara mendalam dan memperkuat lapisan kulit.  Bebas minyak, sehingga tidak lengket di wajah.


5X Ceramide membantu memperbaiki dan melindungi skin barrier dengan menjaga kelembaban dan melindungi kulit dari faktor eksternal. Nah jadi penting banget kan kelembapan itu buat wajah kita.


MANFAAT PRODUK 


SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel diformulasikan untuk manfaat berikut: 

1. Memperbaiki permasalahan skin barrier seperti jerawat, kemerahan, kulit kering, dan kulit bertekstur
2. Melembabkan dan menghidrasi selama 24 jam
3. Oil control selama 24 jam
4. Melindungi skin barrier
5. Memperkuat skin barrier
6.    Menenangkan dan melembutkan kulit, sekaligus memberi nutrisi sehingga kulit tampak sehat dan cerah


KANDUNGAN UTAMA 


Ini dia kandungan utamanya:

5X Ceramide: merupakan kombinasi 5 jenis Ceramide untuk mengembalikan dan menciptakan lapisan perlindungan kulit untuk mencegah hilangnya kelembaban

Hyaluronic Acid: untuk menghidrasi kulit secara instan dan secara intensif memperbaiki sel kulit secara mendalam

Centella Asiatica: untuk menenangkan dan memperbaiki inflamasi pada kulit

Marine-Collagen:  untuk mempertahankan kelembaban dan kekenyalan kulit


Produk ini aman untuk semua jenis kulit, baik kering, normal, kombinasi, maupun berminyak.  Tidak mengandung alcohol, paraben, mineral oil, dan tidak mengandung pewarna. 

Skincare ini juga berlabel Cruelty Free artinya  bebas dari kekejaman dan uji coba yang dilakukan pada hewan dengan cara apa pun. Klaim itu juga menunjukkan produk kosmetik yang dibuat tidak ada unsur menyakiti hewan, mulai dari proses pembuatan hingga pengujian.

KANDUNGAN LENGKAP: 


Kandungan lengkapnya sebagaimana tertera di kemasan adalah sebagai berikut:

AQUA, BUTYLENE GLYCOL, HYDROGENATED POLYISOBUTENE, DIMETHICONE, GLYCERIN,PROPYLENE GLYCOL, 1,2-HEXANEDIOL, HYDROXYACETOPHENONE, PEG-400, AMMONIUM ACRYLOYLDIMETHYLTAURATE/VP COPOLYMER, HYDROGENATED LECITHIN, PANTHENOL, PHYTOSTERYL/OCTYLDODECYL LAUROYL GLUTAMATE, CARBOMER, ALLANTOIN, PCA, HYDROXYETHYL ACRYLATE/SODIUM ACRYLOYLDI

PENAMPILAN PRODUK 

KEMASAN 

Pelembap ini langsung bikin saya jatuh cinta begitu pertama kali memegangnya. Warna kardus kemasannya itu loh, toska kebiruan lembut yang adem banget.  Produk dikemas dalam kardus yang disegel plastik sebagai pengaman.  Jangan terima bila segel rusak ya.  


Wadah produk berupa jar warna kebiruan dove dengan tutup putih, kemasan 30 gram.  Tutup jar ada dua yaitu tutup bagian luar yang berulir, serta tutup bagian dalam berupa lempengan plastik yang lebih tipis berwarna putih.  


Di atas tutup bagian dalam ada sebuah mini spatula untuk menyendok produk. Tujuannya untuk higienitas, terutama buat yang suka lupa cuci tangan sebelum pakai pelembap. 


Saya pribadi tidak begitu suka dengan mini spatulanya.  Malah repot buat saya menyendok dan membersihkannya kembali setelah digunakan.  Saya lebih suka mencuci bersih tangan dan mencolek pelembap dengan jari baru diaplikasikan ke wajah.  

WARNA DAN TEKSTUR

Warna pelembap ini putih bersih dengan tekstur gel water yang creamy, serta dingin lembut saat disentuh. Teksturnya tidak terlalu padat, sehingga jika tidak hati-hati produk juga bisa tumpah.  Saya pikir, kemasan tube mustinya akan lebih aman.  

Benefitnya produk dalam kemasan jar bisa kita pakai sampai habis bersih tak bersisa. Sedangkan kalau di kemasan tube, paling bete kalau sudah mau habis kan, susah deh. Kata orang Jawa sih susah ngoretinnya sampai habis bersih.  He he he ..



UKURAN DAN HARGA 

Pelembap ini diluncurkan dalam ukuran berat 30 gram.  Harganya Rp.139.000,-  (harga promo), bisa dibeli online di official store nya SKINTIFIC di market place Shoppee, di link berikut : 




CARA MENGGUNAKAN PELEMBAP

Oleskan pelembab secukupnya pada wajah yang telah dibersihkan secara merata.  Sangat baik kalau sebelumnya kita juga mengaplikasikan serum wajah yang mengandung ceramide.  Dapat digunakan pada pagi dan sore/malam hari. Pada pagi hari, gunakan sunscreen sesudah pelembap.


KESAN SETELAH PEMAKAIAN 

Pertama kali memakainya, saya langsung suka.  Ini hal-hal yang saya suka saat mengaplikasikannya ke wajah: 

1. Dingin sejuk rasanya ketika pelembap diaplikasikan ke wajah. Adem. Apalagi ketika dipakai pada malam hari setelah membersihkan wajah sebelum tidur.  Besok paginya pas bangun tidur wajah jadi lembap dan lembut. 

2. Meresap ke kulit dengan cepat, sesaat setelah diusapkan merata ke wajah.  Awalnya saya memakai terlalu banyak, jadi kayak basah banget di wajah.  Cukup pakai sedikit saja lalu ratakan sudah terasa lembap.

3. Tidak lengket, tidak berminyak.  Juga tidak ada kesan mengkilap.

4. Kulit seketika terasa lembut, lembap, dan dove. Kulit jadi seperti lebih kenyal saat ditepuk tepuk. Tone warna kulit juga jadi kelihatan lebih terang, kulit wajah jadi lebih cerah dan segar.


Kulit wajah saya termasuk jenis berminyak kombinasi.  Selama ini saya memang lebih suka memakai pelembap yang jenisnya gel atau cream gel, karena lebih cepat menyerap dan ngga lengket.  Tentunya sangat dihindari jenis pelembap berupa lotion.  

Kalaupun kulit wajah kita ngga bermasalah dengan skin barrier, pelembap ini tetap cocok digunakan terutama buat kulit berminyak. 

Baru sepekan pakai, saya malah jadi senang mengusap-usap wajah sendiri.  Soalnya, jadi lebih lembut gitu.  


Perkiraan sih, pelembap kemasan 30 gram ini kira kira cukup untuk sekitar 20 hari.  Hmm ya ngga sampai sebulan ya.  Tapi untuk mengkondisikan, memperkuat, dan menjaga skin barrier rasanya worthed sih. 

Tertarik mencoba pelembap ini ? Hayuk atuh dicoba.  Ingat skin barrier musti dijaga, ya musti dikondisikan dengan pelembap yang pas, yang mengandung ceramide, seperti SKINTIFIC 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel yang sudah saya coba ini. 

Tapi, jangan lupa untuk tetap menjaga kulit wajah dari faktor-faktor lain yang merusak skin barrier ya.  Jangan panas-panasan di terik matahari apalagi pakai scrub wajah setiap hari!

Yuk, jaga kondisi skin barrier dengan pelembap berceramide. Cuzz…. (Opi)

37 komentar

  1. Balasan
    1. sama sama mba , semoga reviewnya bermanfaat

      Hapus
  2. jelas sekali informasinya, manteb mba. Jadi pengen coba juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuzz dicoba... saya juga udah hampir habis satu jar nih... padahal belum satu bulan hahahahaha

      Hapus
  3. Kemasannya simple, elegant, warnanya cerah tapi adem dilihat. Jadi oengen ikutan coba Skintific Ceramide nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kemasannya oke banget. ringan dan simpel. cuma itu aja sih aku kurang sreg dengan spatula hehehehe, kebiasaan lgs colek ajah

      Hapus
  4. Oh berarti sudah benar aku maskeran 1-2 minggu sekali. Kalau sering malah ga bagus juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba kalau terlalu sering kulit wajah bisa jadi rusak karena terus terusan mengelupas sebelum sempat regenerasi. umumnya masker itu kan bersifat mengelupaskan sel kulit mati

      Hapus
  5. Infonya jelas dan runut sekali. Mantap ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip kakaaaa.... terima kasih sudah berkenan membacaaa

      Hapus
  6. Seger banget liatnya, mba, jadi pingin nyoba, nih. Kemasannya juga elegant banget dan nyenengin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah memang lembap nya pas banget deh. jadi seger muka tuh pas habis pakai.

      Hapus
  7. warna kemasan cerah dan segar 😍 btw ini boleh buat ibu menyusui kah mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. better konsul dulu ke dokter spog nya kak... secara umum sih ngga ada klaim khusus namun kondisi ibu kan beda-beda ya jd better konsul dulu ke dokter spognya

      Hapus
  8. Wah...ini pelembab jawara banget, ada kandungan 5x ceramide yang tidak dipunyai pelembab sekelasnya... jadi pengen buruan nyobaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelebihannya memang di 5 jenis ceramide itu tuh..... jadi manfaatnya optimal

      Hapus
  9. Kalo ka Tasya Farasya aja uda pakai, ga ragu lagi sih untuk coba SKINTIFIC 5x Ceramide ini,, uda sering liat reviewnya jg di shopee. biar kulit tetap sehat, maacih mb Opiii reviewnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah makanya musti coba dulu baru bisa bener ngerasain cocok ngga sama kulit wajah kita

      Hapus
  10. Kalo ka Tasya Farasya aja uda pakai, ga ragu lagi sih untuk coba SKINTIFIC 5x Ceramide ini, sdh banyak reviewnya jg di shopee, beli ah, maacih mb Opi reviewnya

    BalasHapus
  11. Menarik sekali skintific ini ya, baca ulasannya jadi makin tertarik, semoga suatu saat bisa nyoba juga. Nice article, kakak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya menarik sebagai brand anyar cukup kuat posisinya karena based on scientific research ngga ngadi ngadi. jadi aman di kulit

      Hapus
  12. Wah 😍😍
    Dari kemasannya aja dilihat udah seger banget yak. Mana warna favorit pula😍

    Setelah punya anak rasanya susah cari waktu buat merawat kulit wajah, tapi pas ngelihat dicermij dan mulai kucel, semangat lagi buat perawatan. Bisa dicoba nih nanti pakai produk Skintific

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cucok emang. ini pelembap tapi fungsinya ngga sekedar bbikin lembap aja, melainkan juga fokus ke memperkuat skin barrier kita jadinya kulit wajah tetap sehat terjaga . ciamik kan

      Hapus
  13. Bermanfaat banget Ka, review-nya, apalagi buat org yg kaya saya, nih, jdi tergugah pingin rajin merawat kulit wajah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah yak review bikin menggugah hehehe.... saya juga kak mundur maju kalau urusan merawat wajah kadang ada jenuhnya karena wajah ya mentok kayak gini ga bisa tiba2 jadi cakep mulus kayak artissss yeeeee hahahaha

      Hapus
  14. Penjelasannya lengkap banget ya mbak opi, seger bgt kayaknya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih biar infonya lengkap. Bener ini seger dan adem di wajah kak

      Hapus
  15. Udah lama tau ceramide itu bagus untuk skin barrier, tapi produk ini ternyata juga pakai Centella asiatica yang menenangkan kemerahan. #autoimunnewarrior seperti saya perlu banget fitur ini Bu...thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantesan adem sejuk gitu pas dipakai. Cucok lah ya buat para #autoimunnewarrior yeeaay

      Hapus
  16. mengesankan sekali ya mbak apa yang di ulas disini, makin melek biar kalau foto lebih pede dengan kondisi bareface, iya nggak sih

    BalasHapus
  17. Saya baru tahu kalo terlalu sering scrub juga bikin kulit tidak sehat. Makasih review-nya, Mbak

    BalasHapus
  18. informasinya lengkap sekali kakkkk, wahh penasaran merasakan kesejukannya juga.

    BalasHapus
  19. Bagus infonya, menarik. Jadi muppeng deh. Terimakasih reviewnya yaaa

    BalasHapus
  20. Jadi muppeng, pengin merasakan freshly nya... Bikin penasaran ih. Terimakasih review dan infonya yaa

    BalasHapus
  21. Aku juga sempat sering pakai scrub untuk cuci muka karena aku pikir biar makin bersih, ternyata makin bnahak jerawat dan banyak minyak di wajah karen wajah kering dan akhirnya memproduksi minyak berlebih.

    BalasHapus
  22. baru paham saya istilah skin barrier ini mbak, semua yang berlebihan memang tidak baik ya, secukupnya saja ya
    penasaran juga dengan produk ini, sepertinya kok menjawan kebutuhan kulit wajah saya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup. Terima kasih.